A. PERAN SOSIAL INDIVIDU
Dengan setiap teknologi baru, hampir
selalu ada periode terkait re-ogranisasi sosial dan kultur dan refleksi, dan
kadang-kadang bahkan kecemasan dan konflik. Hampir selalu ada juga pembicara
jurnalis, ulama, dan orang biasa yang mencoba untuk memahami apa yang mereka
ketahui dan dengar tentang perkembangan teknologi baru. Teknologi terbaru
cenderung dibesar-besarkan, dari dampak negatif atau positif. Mereka percaya
bahwa teknologi akan mempengaruhi masyarakat, dari segi interaksi sosial, dan
psikologis individu.
Setiap peran sosial adalah
serangkaian hak, kewajiban, harapan, norma, dan perilaku seseorang yang harus
dihadapi dan dipenuhi. Model ini didasarkan pada pengamatan bahwa orang-orang
bertindak dengan cara yang dapat diprediksikan, dan bahwa kelakuan seseorang
bergantung pada konteksnya, berdasarkan posisi sosial dan faktor-faktor lain.
Perilaku prososial mencakup kategori yang lebih luas yaitu meliputi segala
bentuk tindakan yang dilakukan atau direncanakan untuk menolong dan bermanfaat
bagi orang lain, tanpa memperdulikan motif si penolong. Determinisme teknologi
dilihat sebagai ‘penggerak dan pengocok’
dibalik transformasi sosial yang besar pada tingkat intuisi, interaksi sosial
dan kognisi individu.
B. DAMPAK NEGATIF INTERNET
Internet memiliki dampak positif maupun
negatif. Sejatinya, internet diciptakan sebagai media untuk menyebarkan segala
bentuk data yang bernilai positif. Namun
kini internet telah beralih fungsi sebagai media penyebarluasaan hal-hal yang
merugikan. Berikut ini merupakan dampak negatif penggunaan internet.
Perilaku
Anti Sosial
Sering dipandang sebagai sikap dan
perilaku yang tidak mempertimbangkan penilaian dan keberadaan orang lain
ataupun masyarakat secara umum di sekitarnya. Suatu tindakan antisosial
termasuk dalam tindakan sosial yang berorientasi pada keberadaan orang lain
atau ditujukan kepada orang lain, meskipun tindakan-tindakan tersebut memiliki
makna subyektif bagi orang-orang yang melakukannya.
Tindakan-tindakan antisosial ini sering
mendatangkan kerugian bagi masyarakat luas, dalam hal penggunaan internet di
zaman sekarang ini yang membuat sesorang menjadi anti sosial beberapa
diantaranya adalah games dan media
sosial.
Contoh:
Mahasiswa-mahasiswa
bermain permainan olahraga atau perang-perangan seperti counter strike (CS) yang merupakan permainan dalam komputer.
Biasanya mereka memainkan permainan kesukaan mereka ini disela-sela kegiatan
mereka ketika jenuh atau sedang beristirahat. Sehingga ketika ia sedang jenuh,
ia lebih memilih untuk bermain counter
strike diri dibandingkan
berinteraksi dengan orang disekitarnya. Kegiatan ini terus berulang sehingga
mahasiswa tersebut lebih nyaman berada dalam gamenya dibandingkan berada disekitar orang. Dan ia pun mulai
mengasingkan diri dari masyarakat karena ia merasa tidak cocok dengan
masyarakat disekitarnya.
Pornografi
Anggapan yang menyebutkan bahwa internet
identik dengan pornografi, tidaklah salah. Dengan kekuatan informasi yang
dimiliki internet, pornografi merajalela. Pornografi dan kekerasan dapat
menyebabkan dorongan pada seseorang untuk lakukan tindak pidana.
Gambling
Gambling
atau perjudian merupakan salah satu dampak
negatif dari penggunaan internet. Sebenarnya, gambling sudah ada sejak jaman dahulu. Gambling merupakan kejahatan yang muncul sebagai akibat adanya
komunitas dunia maya di internet dan memiliki karakteristiki seperti perjudian ,yang
dapat menimbulkan kerugian bagi diri sendiri dan komunitas gambling.
Para pelaku gambling biasanya digambarkan dalam bentuk orang-orang dari kelas
menengah keatas yang berpenghasilan besar. Ruang lingkup kejahatan dari gambling bersifat global. Gambling sering dilakukan secara
transnasional melintasi batas antar Negara. Dimasa mendatang kejahatan semacam
ini dapat mengganggu perekonomian si pelaku gambling
dan perekonomian nasional karena dilakukan melalui jaringan infrastruktur yang
berbasis teknologi elektronik.
Deindividuasi
Suatu proses hilangnya kesadaran individu
karena melebur di dalam kelompok atau bisa dikatakan sebagai pikiran kolektif.
Atau pengaruh atas suatu kelompok yang menyebabkan kita jadi tidak bertanggung
jawab. Contohnya menyamarkan identitasnya dalam dunia maya demi melakukan
sesuatu yang menurut dia baik tapi merugikan bagi orang lain.
C. DAFTAR PUSTAKA
Dwi Aprillia Yulita
(12515032)
No comments:
Post a Comment